Minggu, 20 April 2014

Minggu Paskah - A (2014)


Yang sifatnya liturgis adalah penting namun bukan sekadar yang lahiriah, sebab MINGGU PASKAH adalah hari raya PALING UTAMA dalam kehidupan Gereja. Pada hari inilah Gereja merayakannya dengan sangat meriah, melebihi hari raya lainnya. Mengapa demikian? Karena pada MINGGU PASKAH itulah seluruh misteri penebusan manusia direnungkan, sehingga bagi kita, meskipun telah merayakan Malam Paskah, merayakan Minggu adalah kewajiban besar kita. Berbeda dengan hari Minggu dan hari raya lainnya, Gereja tetap mengarah pada misteri keselamatan Paskah, tetapi bagian per bagian saja. Oleh karena itu, hari Paskah disebut juga sebagai hari raya dari segala hari raya. (Solemnity of solemnities, summa sollemnitas). 

Maka, sejenak kita renungkan sebagian makna dari Injil pada hari raya Paskah yang setiap tahun kita baca dan dengarkan. Yohanes melukiskan bagaimana situasi iman para murid yang diwakili oleh Petrus dan salah satu murid yang lain. Setelah mendengar di sana, murid yang lain itu melihat sama seperti yang dilihat Petrus, namun ia percaya. Demikianlah, bahwa hanya orang yang memiliki kasih yang besar kepada-Nya dapat menangkap tanda kebenaran akan misteri kebangkitan-Nya. 

Semoga, kita yang mengasihi-Nya juga dapat menangkap tanda kebenaran Kristus yang telah bangkit itu di dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita ini sedang menghadapi banyak persoalan, tantangan dan godaan, entah yang ringan atau yang berat, entah yang sifatnya pribadi maupun komunal, entah yang di tengah masyarakat maupun pemerintahan. 

Oleh karena itu, biarkanlah pada hari Paskah kali ini, kita dikuatkan oleh tanda itu, jejak-jejak kebangkitan-Nya yang samar namun dapat memberi kekuatan dan harapan baru kepada kita. Selamat Paskah!
Sumber: http://renunganpagi.blogspot.com/search/label/Renungan%20Minggu%20dan%20Hari%20Raya#gsc.tab=0

Telukdalam, 20 April 2014
sgl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RETREAT TAHUNAN KAPAUSIN KUSTODI GENERAL SIBOLGA 2023

  Para saudara dina dari Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga, pada tanggal 6 s/d 10 Noveember 2023, mengadakan retreat tahunan yang dilaksa...