Sabtu, 07 Juni 2014

Kamis Paskah Kenaikan - (A) 2014

Suatu ketika, seorang teman menceritakan pengalaman pribadinya sebagai berikut. "Pada waktu ayah mau meninggal, kami sebagai anak-anaknya dikumpulkan untuk diberi nasihat. Nasihat yang diberikan sama seperti yang selalu dipesankan bagi kami dalam setiap kesempatan. Sejak kecil, kami sekeluarga dididik untuk hidup rukun dan saling membantu. Melalui nasihat dan tindakan keras, ayah menghendaki agar anak-anaknya bisa hidup rukun dan saling membantu".


Sebelum naik ke surga, Yesus meninggalkan pesan kepada para murid untuk bersaksi; bersaksi tentang apa yang telah dikerjakan Allah dalam wafat dan kebangkitan-Nya. “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (Kis 1:18). Pesan terakhir Yesus dipertegas dalam Injil yang kita dengarkan hari ini, “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Mat 28:19-20).

Dengan pesan-Nya ini, Yesus menghendaki bahwa apa yang dikerjakan Allah dalam wafat dan kebangkitan-Nya dialami oleh semua bangsa. Yesus menghendaki semua bangsa menjadi murid-Nya, dipersatukan dalam persekutuan Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus. Menjadi murid-Nya berarti menghayati apa yang telah diajarkan-Nya. Para murid tidak perlu takut dan ragu karena Roh Kudus, kuasa Allah yang telah membangkitkan Yesus akan dicurahkan dan menyertai mereka sampai akhir zaman. Roh Kudus yang dijanjikan akan memberi keberanian dan kekuatan untuk bersaksi.

Kita sebagai murid-murid Yesus dipanggil untuk hidup sebagai Tubuh Mistik-Nya dan untuk bersaksi tentang wafat dan kebangkitan-Nya. Gereja dipanggil untuk melanjutkan apa yang telah dan terus Allah kerjakan dalam diri Yesus demi keselamatan segala bangsa. Kita tidak perlu takut karena Roh Kudus, kuasa Allah yang membangkitkan Yesus, akan terus menyertai sampai akhir zaman.

Kita bersaksi dengan menghayati apa yang telah diajarkan Yesus. Namun dalam hal ini dibutuhkan juga penyertaan Roh Kudus dalam tugas dan panggilan kita untuk bersaksi. Karena itu, kita selalu bertekun mohon Roh Kudus agar menyertai kita dalam bersaksi. Kita harus terus menerus berdoa seperti rasul Paulus berdoa dan “meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di surga, jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang” (Ef 1:17-21).

Akhirnya, hanya Roh Kudus yang memampukan kita untuk bersaksi. Roh Kudus, kuasa Allah, akan bekerja bagi kita semua yang percaya dan dipanggil untuk bersaksi. Berdoalah terus agar Roh Kudus selalu hadir, menyertai dan membimbing.

(sumber: http://renunganpagi.blogspot.com/search/label/Renungan%20Minggu%20dan%20Hari%20Raya#gsc.tab=0).

Telukdalam, 29 Mei 2014

psl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RETREAT TAHUNAN KAPAUSIN KUSTODI GENERAL SIBOLGA 2023

  Para saudara dina dari Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga, pada tanggal 6 s/d 10 Noveember 2023, mengadakan retreat tahunan yang dilaksa...