Jumat, 02 Mei 2014

Minggu Palma (A-2014) - Mengenangkan Sengsara Tuhan


Setiap orang mempunyai masalah yang mengakibatkan penderitaan. Setiap keluarga mempunyai masalah. Bahkan, kita semua tahu Yesus juga mempunyai masalah dan penderitaan. Tetapi Yesus mempunyai sikap yang bijaksana di dalam menghadapi sengsara maupun penderitaan-Nya. Ia tidak kalah dengan masalah dan penderitaan. Ada tiga langkah bijak Yesus seturut Injil tadi: 
Pertama, Yesus berani melaksanakan Malam Perjamuan Terakhir. Yesus tahu apa yang akan dihadapi dan dialami. Yesus tahu dalam waktu yang dekat akan mengalami kesengsaraan hebat. Yesus mau agar para murid mendengarkan dan mengerti apa yang dilakukan-Nya dalam Malam Perjamuan Terakhir. Ekaristi bagi Yesus adalah suatu peristiwa nyata dan otentik yang menjadi tanda dan sarana penebusan yang diajalnkan. Bagi Yesus semua yang dilakukan tidak ada artinya bila tidak dimaknai dari Ekaristi. Kedua, Yesus berani pergi menyongsong kematian-Nya dengan iman. Iman akan penebusan-Nya telah dirayakan dalam Ekaristi. Iman yang demikian pula yang dipraktekkan dalam perbuatan-Nya untuk selanjutnya. Pertama-tama Yesus mengingatkan para murid agar tidak tergoncang imannya. Petrus menyombongkan dirinya tidak akan pernah tergoncang. Tapi bagaimana kenyataannya? Dia dan para murid tergoncang. Penderitaan dan salib sangat berat dalam kenyataan. Ini pula yang seringkali terjadi dalam hidup kita. Kita mengaku diri beriman dan kuat tetapi ketika penderitaan dan salib itu tiba terkadang tergoncang pula iman kita. Sebagai orang beriman kita justru harus rendah hati. Orang beriman itu adlaah orang-orang yang rendah hati dan malah menjadi kuat. Ketiga, Yesus berani di salib. Ada pengalaman. Dalam suatu retret di Tumpang, Malang – Jatim, karena orang mengalami kasih Allah sering ia ingin berlama-lama di sana. Karena kalau ia pulang bertemu dengan keluarga yang tidak damai. Tetapi, suster di sana selalu menganjurkan dia pulang. Kata suster, “Cinta Tuhan tidak hanya di atas gunung, atau di tempat retret ini. Allah mencintaimu kapan dan di mana pun, anakku!” akhirnya, dia pulang dengan berubah cerah. 
Yesus bukan orang pengecut, yang tidak mau menderita atau tidak mau ambil resiko. Tidak! Dia orang yang berani menghadapi masalah sengsara dan penderitaan bersama cinta Allah, Bapa-Nya. Ia berani memanggul bahkan disalibkan di situ. Kita ingat jauh-jauh hari, Yesus telah mengingatkan kita bila ingin dilayakkan menjadi murid-Nya, setiap orang harus berani menyangkal diri dan memikul salib (bdk. Luk 9:23). Yesus telah memberi teladan secara nyata. Dia tahu pasti hal itu adalah bagian dari kehendak Allah. Allah di pihak Yesus dan juga di pihak kita. Percayalah bila Allah di pihak kita, maka kita akan menang, kendati menurut ukuran dunia kalah dan hancur! (bdk. Roma 8:31b). 
Selamat berjuang melalui penderitaan menuju kemuliaan hidup Anda. Tuhan Yesus Sang Pembela kita memberkatimu. 









Telukdalam, 13 April 2014
sgl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RETREAT TAHUNAN KAPAUSIN KUSTODI GENERAL SIBOLGA 2023

  Para saudara dina dari Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga, pada tanggal 6 s/d 10 Noveember 2023, mengadakan retreat tahunan yang dilaksa...